loading...

Masyaallah, Ternyata Dosa Ini Tetap Tidak Diampuni Sekalipun Berpuasa Arafah…

Masyaallah, Ternyata Dosa Ini Tetap Tidak Diampuni Sekalipun Berpuasa Arafah…
Menurut hadis, puasa Arafah dapat menghapuskan dosa selama 2 tahun, yakni dosa-dosa setahun lalu dan juga dosa setahun yang akan datang.

Sehari jelang Idul Adha, atau tepatnya 9 Dzulhijjah banyak muslim yang ikut melakukan Puasa Arafah. Lantas seperti apa sebenarnya keutamaan puasa sunah yang satu ini?
“Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang." (HR. Imam Muslim no.1162)

Tentunya sudah mengetahui bahwa puasa Arafah bisa menghapuskan dosa selama 2 tahun, yakni dosa-dosa setahun lalu dan juga dosa setahun yang akan datang. Akan tetapi tahukah bahwa tidak semua dosa dapat terhapus, jauhilah dosa-dosa berikut ini karena tidak diampuni Allah sekalipun kita berpuasa Arafah:

Menurut pengarang kitab Fathul Mu’în, yaitu Syaikh Zainuddin bin Abdul Aziz al-Malibari al-Fannani rahimahullah, dosa-dosa yang diampuni dengan Puasa Arofah ternyata adalah dosa-dosa kecil yang tidak terkait dengan hak-hak sesama manusia!
Disebutkan pada pembahasan Fashlun fiy Shoumi at-tathowwu’i (Pasal Puasa Sunah) :

وَالُمكَفَّرُ: الصَّغَائِرُ الَّتِيْ لَا تَتَعَلَّقُ بِحَقِّ الآدَمِيِّ، إِذِ الْكَبَائِرُ لَا يُكَفِّرُهَا إِلَّا التَّوْبَةُ الْصَّحِيْحَةُ. وَحُقُوقُ الآدَمِيُّ مُتَوَقِّفَةٌ عَلٰى رِضَاهُ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ لَهُ صَغَائِرُ زِيْدَ فِي حَسَنَاتِهِ

Dosa yang dikifarati (Puasa Arofah), ialah dosa-dosa kecil yang tidak berkaitan dengan hak Adamy (tidak bersangkutan dengan manusia), sebab dosa besar itu tidak dapat dikifarati kecuali dengan tobat yang sesunggguhnya; dan hak Adamy tobatnya tawaqquf (ditangguhkan) kepada ridhanya. Jika seseorang tidak mempunyai dosa kecil, maka akan ditambah amal baiknya. Zainuddin bin Abdul Aziz al-Malibari al-Fannani, Fathul Mu’in 1/169 versi al-Maktabah asy-Syamilah; Terjemah Fat-hul Mu’in jilid I, (Bandung : Sinar Baru Algensindo, 2012), hal.665)
Artinyajika kita menyakiti hati sesama manusia, dosa tersebut tidak akan terhapus dengan puasa Arafah kecuali jika kita minta maaf atau minta keridhoan orang yang bersangkutan. Oleh sebab itu, ada baiknya kita meminta maaf dan ridho orang-orang yang mungkin pernah kita zalimi, agar kita tidak menjadi orang yang merugi.




Baca Juga:


loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Masyaallah, Ternyata Dosa Ini Tetap Tidak Diampuni Sekalipun Berpuasa Arafah…"

Posting Komentar

close
kode