loading...

Inilah Tips Memilih Asuransi Syariah yang Aman

Inilah Tips Memilih Asuransi Syariah yang Aman
Di zaman sekarang ini asuransi syariah menjadi salah satu hal yang dicari oleh keluarga muslim. Di samping karena kebutuhan akan asuransi, juga disebabkan makin besarnya kesadaran akan kehalalan suatu produk, termasuklah produk asuransi.

Akan tetapi, perlu diwaspadai adanya produk berlabel syariah yang sebenarnya belum tentu sesuai syariah. Jangan sampai tertipu label tanpa memperhatikan lebih jauh unsur-unsur penting sebuah asuransi syariah yang aman dan memenuhi ketentuan syariah.

Berikut ini beberapa tips memilih asuransi syariah yang aman:

1. Survey beberapa perusahaan asuransi syariah

Bisa melakukan survey melalui surfing internet, lihat apa saja komplain yang mungkin dikeluhkan oleh nasabah, bagaimana proses klaim di perusahaan tersebut, atau bisa langsung bertanya-tanya dengan agen asuransi terkait.

2. Pelajari produk yang sesuai kebutuhan

Produk asuransi syariah ada berbagai macam, pelajarilah produk-produknya, pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan keluarga.

3. Pastikan adanya dewan syariah

Dalam setiap lembaga asuransi syariah akan memiliki suatu Dewan Pengawas Lembaga Syariah (DPS) dan juga memiliki suatu anggota yang juga memiliki pemahaman terkait perekonomian syariah. Maka dari itu anda harus melihat suatu lembaga atau perusahaan asuransi syariah dari Dewan Pengawas Syariah yang mampu mengelola produk asuransi dengan baik sesuai dengan hukum Islam.

4. Carilah agen asuransi yang amanah dan profesional

Pastikan agen yang menawarkan kita memahami benar pekerjaannya untuk melayani nasabah, tidak sekadar closing tanpa memberi edukasi pada nasabah mengenai produk-produk yang ditawarkannya.

5. Minta dan pelajari ilustrasi pada agen asuransi

Sebelum memutuskan untuk membayar premi asuransi, pastikan sudah memahami benar ilustrasi yang diberikan oleh agen asuransi. Tanyakan hal-hal penting yang perlu dipastikan.


Semoga bermanfaat dan menjadi panduan.

Baca juga :


loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Tips Memilih Asuransi Syariah yang Aman"

Posting Komentar

close
kode