loading...

"Mencukur Alis Mata Hukumnya Haram?" begini Penjelasannya Menurut Islam..

"Mencukur Alis Mata Hukumnya Haram?" begini Penjelasannya Menurut Islam..
Wanita : "Hey sobat, tolong ambilin itu dong? alat pencukur alis.

Sahabatnya : "Kamu mau mencukur alismu itu.

Wanita : "Iya, supaya tampak lebih cantik lagi.

Sahabat : "Jangan, itu tidak boleh menurut islam dilarang.
Memang banyak cara wanita untuk mempercantik dirinya. Salah satunya adalah itu tadi mencukur alis. Boleh sih boleh tapi tidak usah yang keterlaluan seperti itu. Karena mencukur alis itu dilarang oleh agama islam dan haram hukumnya.

Mengutip islamidia, hal tersebut karena hal itu termasuk mengubah ciptaan Allah dan mengikuti setan yang selalu memperdaya manusia supaya mengubah ciptaan Allah. Allah berfirman:

إِنَّ اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَن يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَٰلِكَ لِمَن يَشَاءُ ۚ وَمَن يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا بَعِيدًا () إِن يَدْعُونَ مِن دُونِهِ إِلَّا إِنَاثًا وَإِن يَدْعُونَ إِلَّا شَيْطَانًا مَّرِيدًا () لَّعَنَهُ اللَّهُ ۘ وَقَالَ لَأَتَّخِذَنَّ مِنْ عِبَادِكَ نَصِيبًا مَّفْرُوضًا () وَلَأُضِلَّنَّهُمْ وَلَأُمَنِّيَنَّهُمْ وَلَآمُرَنَّهُمْ فَلَيُبَتِّكُنَّ آذَانَ الْأَنْعَامِ وَلَآمُرَنَّهُمْ فَلَيُغَيِّرُنَّ خَلْقَ اللَّهِ ۚ وَمَن يَتَّخِذِ الشَّيْطَانَ وَلِيًّا مِّن دُونِ اللَّهِ فَقَدْ خَسِرَ خُسْرَانًا مُّبِينًا

“Sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa mempersekutukan (sesuatu) dengan Dia, Dan Dia mengampuni dosa yang lain dari syirik itu bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan (sesuatu) dengan Allah, maka sesungguhnya ia telah tersesat sejauh-jauhnya. Yang mereka sembah selain Allah itu, tidak lain hanyalah berhala, dan (dengan menyembah berhala itu) mereka tidak lain hanyalah menyembah syaitan yang durhaka, yang dila’nati Allah dan syaitan itu mengatakan:”Saya benar-benar akan mengambil dari hamba-hamba Engkau bahagian yang sudah ditentukan (untuk saya), dan aku benar-benar akan menyesatkan mereka, dan akan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan akan menyuruh mereka (memotong telinga-telinga binatang ternak), lalu mereka benar-benar memotongnya, dan akan aku suruh mereka (merobah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka merobahnya”. Barangsiapa yang menjadikan syaitan menjadi pelindung selain Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata.” (QS. 4:116-119)
Diriwayatkan dalam Kitab Ash-Shahih (Al-Bukhari dan Muslim) dari Ibnu Mas’ud Radhiyallahu ‘Anhu bahwa ia berkata:

“Semoga Allah melaknat wanita-wanita yang mentatto dirinya atau meminta ditattokan, yang mencukur bulu alisnya atau meminta dicukurkan, yang mengikir giginya supaya kelihatan indah dan mengubah ciptaan Allah.”

Kemudian beliau berkata: “Mengapa aku tidak melaknat orang-orang yang telah dilaknat oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dalam Kitabullah, yakni firman Allah:

وَمَا آتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانتَهُوا

“… apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah dia. Dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah …” (QS. 59:7)

Nah sudah jelas bukan penjelasan diatas. Sebagai muslimah yang belajar untuk senantiasa beriman kepada Allah, pasti akan selalu mengikuti apa yang Allah perintahkan di dalam Al-Qur’an dan mengikuti ajaran Rasulullah SAW yang diriwayatkan dalam hadits.

Yuk sama-sama belajar menyempurnakan ketakwaan kita dengan selalu meninggalkan apa yang menjadi laranganNya dan selalu melakukan apa yang diperintahkan-Nya.

Baca juga : 




loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to ""Mencukur Alis Mata Hukumnya Haram?" begini Penjelasannya Menurut Islam.."

Posting Komentar

close
kode